Vincenzo : Ketika Penguasa dan Pengusaha Berselingkuh Menghianati Rakyat!

October 17, 2024

 


Berkelana kembali ke tahun 2021 silam pada sebuah drama korea populer berjudul Vincenzo. Kenapa kok bukan drama terbaru?? Karena saya sudah hampir 2 (dua) tahun ini tidak bisa menonton drama dengan durasi panjang akibat kesibukan baru sebagai ibu dengan bayi hihi
 

Tapi pecinta drama korea pasti tau drama satu ini, selain karena aktornya Song-Jong Ki, drama ini sangat bagus dan memiliki rating tinggi di masanya. Bagus dalam artian dari segi cerita, akting pemain, sinematografi dsb. Memang kalo yang main udah SJK ini, kayanya udah dipastikan bahwa drama/film yang dia mainkan bukan kaleng-kaleng ya. Reputasinya begituu..

 

Jadi ga heran kalo drama ini bisa aja masih terngiang-ngiang di benak para penontonnya, seperti saya ini. Dan pasti di tahun 2024 ini masih ada aja yang bakal re-watch ini drama. Apakah itu kamu?? Hehe

 


SINOPSIS

 

Vincenzo adalah seorang pengacara mafia di Italia, karena suatu konflik ia memutuskan untuk pensiun dari dunia mafia dan kembali ke tanah kelahirannya, Korea Selatan, sembari mencari ibu kandungnya. Sebagai pesangon pensiun ia akan “mengambil” harta peninggalan seorang miliarder asal Taiwan yang tiba-tiba meninggal.

 

Jadi, miliarder Taiwan ini menyembunyikan banyak sekali hartanya (bahkan disebut lebih banyak daripada APBN Korsel sendiri) dengan bantuan Vincenzo. Harta ini disimpan disebuah gedung apartemen Geumga-Dong namanya. Bahkan keluarga si miliarder tidak tahu dimana harta itu disimpan. Artinya hanya Vincenzo dan para kru yang tahu rahasia ini. Selain Vincenzo, semua kru telah dibunuh untuk memastikan informasi ini tidak bocor.

 

Namun ternyata Babel Grup, sebuah perusahaan Korea Selatan yang bergerak di bidang Farmasi secara ilegal berusaha merampas gedung apartemen ini. Hal ini membawa Vincenzo bertemu dengan pengacara Cha Hwa Young dan skandal di balik Babel Group.

 

Babel Group ternyata bukan perusahaan Farmasi sungguhan, namun kartel narkoba yang berkedok perusahaan resmi. Mereka berniat membuat obat anti nyeri namun dari bahan utama narkotika yang terlarang. Dengan kata lain Babel Group ingin membuat rakyat kecanduan dan hanya akan membeli obat dari mereka.

 

Babel Grup bisa lolos dari banyak uji karena ia banyak “menguasai” para penguasa atau pejabat yang berwenang. Sehingga meskipun bahan baku obat adalah narkotika atau dalam pembuatannya banyak menyebabkan korban jiwa dan mencemarkan sebuah lingkungan, ia akan dengan mudah lolos dari peradilan.

 

Berkolaborasi dengan Cha Hwa Young, mereka berusaha mengungkap skandal ini. Dalam prosesnya mereka banyak menggunakan trik menghadapi kebengisan dan kekejaman orang-orang Babel Group. Drama ini berakhir happy ending dengan kematian antagonis di pihak Babel Group.

 


SISI LAIN

 

Andai ini kisah nyata, betapa ngerinya negeri yang meloloskan kartel narkoba dalam membuat produk anti nyeri. Karena obat anti nyeri itu termasuk obat yang bisa didapat dengan mudah, bahkan tanpa resep dokter.

 

Namun, meskipun drama ini fiksi, peredaran narkoba yang masif bukanlah hal yang fiksi di zaman ini. Di luaran sana mungkin ada kartel yang sedang melakukan penelitian di laboratoriumnya bagaimana membentuk narkoba dalam bentuk yang menarik dan tidak disadari oleh masyarakat dan aparat. Sama seperti yang dilakukan Babel Grup dalam drama.

 

Padahal di dalam Islam, ada larangan individu memiliki laboratorium yang memproduksi bahan yang kepemilikan mereka terhadap bahan itu membahayakan umat dan negara (pasal 163).

 

Suatu individu/organisasi/perusahaan bisa saja memiliki bahan-bahan yang membahayakan umat tidak terlepas dari cara hidup dan cara pandang hidup Demokrasi yang salah satu pilarnya adalah kebebebasan kepemilikan. Asal ada cuan, bahkan sebuah negara bisa dibeli, apalagi cuma gudang narkoba.

 

Kalopun ada larangan, kurang lebih hanya slogan saja. Karena cara hidup ala demokrasi dibangun atas asas sekulerisme, yakni memisahkan agama dari kehidupan, maka pertimbangan dalam melakukan segala sesuatu bukan halal-haram namun untung-rugi dalam pandangan kapital. Tidak peduli apakah sebuah perbuatan/keputusan itu membahayakan umat atau tidak.

 

Dalam Islam, negara wajib membangun lab penelitian ilmiah yang menyangkut semua aspek kehidupan untuk kemaslahatan umat dan tanpa melanggar syariat.

 

 

You Might Also Like

0 comments

Selamat datang! Berikan komentar yang nyaman dan semoga harimu menyenangkan :)